Wednesday, November 19, 2014

RESEP SAMBAL MATAH - SAMBAL BALI

gue belajar resep ini waktu lagi liburan ke bali and nginep di private villa namanya pondok langon. 

disitu gue jatuh cinta banget ama nih sambel and minta ajarin sama mba'nya yang jaga tuh villa cara bikinnya gimana. 

and ternyata ini sambel gampang bangeeet bikinnya and gue jamin pasti bakal bikin elo ketagihan, karena abang gue and temen2 abang gue ampe suka banget ama nih sambel waktu gue bikin di salah satu acara makan-makan di rumah gue 

BAHAN : 
1. 15 siung bawang merah 
2. 4 batang sereh 
3. 20 cabe rawit... nah kalo ini sesuai selera pedesnya
4. 1 potong terasi dibakar yah 
5. 1 sdm minyak kelapa atau gue biasa pakenya EVCO (extra virgin coconut oil) 
6. garam dan gula secukupnya 
7. 2 buah jerok limo 

CARANYA : 
1. iris tipis semua bahan (bawang merah, sereh and cabe rawit), campur dalam wadah besar lalu remas remas dengan tangan (kudu pake plastik tangannya kalo ga mau panas and pedes nantinya yah). 
3. sampai bawang dan yang lain tercampur dan lemas, masukan terasi dan kembali aduk dengan tangan, lalu masukan garam dan gula secukupnya 
4. masukan minyak kelapa dan kembali remas-remas dengan tangan sampai tercampur rata 
5. terakhir kasih perasan jeruk limo dan aduk rata lalu sajikan 

enjoooy and happy cooking!!

No comments:

Post a Comment